Thursday, February 19, 2015

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Lancar

Hari ini aku bakal nunjukin ke kamu gimana caranya kok aku bisa ya belajar dan berbicara bahasa inggris dengan cepat. Caranya ga sesusah yang kamu pikir kok. banyak teman-temanku malah bilang kalo aku bisa karna ikut kursus bertahun tahun, privat bahasa inggris, privat conversation dan lain-lain, padahal faktanya engga ada sekali.

aku belajar dan mempraktekkan nya hanya dengan diriku sendiri... Kamu bakal bilang, beneran ??ga mungkin???gimana caranya kamu bisa lakukan kaya gitu dengan sendiri???. dan aku bilang, seriussss teman-teman, bahkan seratus dan seribu serius aku bilang, aku lakukan sendiri. hahahha..


Jangan kawatir ya, aku akan bantu kamu dari masalah ini. caranya sangat sederhana, sangat mudah, murah dan menyenangkan. Yang kamu butuhkan cuman waktu yang disiplin dan komitmen yang kuat. Banyak orang yang pengen banget secara cepat dan instant mengerti bahasa inggris tapi perasaan pengen itu cuman bertahan beberapa hari, minggu bahkan bulan dan kemudian mereka akan menjadi bosan dan membuang kamusnya, bukunya dan pengetahuannya ntah kemana. Kamu sebenarnya bisa meminimalisir resiko kaya gini. aku sarankan sebelum memulai coba ambil waktu beberapa menit untuk berpikir seberapa besar komitmen dan keseriusan kamu dalam belajar bahasa inggris. moment ini penting banget karena kamu akan menghormati usaha mu bahkan ketika kamu menghentikan nya dengan tiba-tiba. ga ada penyesalan, bahkan senang selamanya. hahaha

kamu percaya ga kalo aku cuman mengambil waktu 3 bulan untuk grammar , tenses dan percakapan yang lancar. sebelum aku memulai untuk memberitahumu hal-hal apa saja yang kamu butuhkan untuk mengerti bahasa yang sangat disukai dan terkenal di dunia ini. aku akan cerita dahulu awal aku tertarik banget sama bahasa inggris. 

aku punya keingintahuan dan tertarik bahasa inggris ketika aku SD dulu. aku ingat banget belajar pertama kali saat kelas 3 sd. setiap waktu kalo ngeliat orang lagi ngomong bahasa inggris rasanya kaya indah didengar di telingaku. guru pertama yang mengajar kami di sekolah adalah guru baru juga di sekolah. aku sangat suka dan sangat passionate tentang bahasa inggris, Di kelas dulu bangku ku sebenarnya ada di belakang tapi kalo belajar bahasa inggris aku langsung pindah ke depan dan dulu aku senang banget ketika bisa berbicara 1 kata dalam bahasa inggris, hahaha. jadi dari momen itu, aku makin punya keingintahuan ttg bhs inggris dari hari ke hari, dan tahun ke tahun. perasaan senang ini seolah-olah membuatku seperti menjadi wanita amerika ketika aku menonton film yang selalu ku liat di bioskop, dan aku serasa kaya lagi di New york lagi shopping dan berbicara bahasa inggris, hahaha... hayalanku memalukan banget ya?

aku selalu berhayal kalo aku pasti bisa berbahasa inggris kaya bule dan akhirnya itu terjadi, jadi gimana caranya? ini dia teman-teman:

1. Komitmen

Bagian ini penting banget. kaya yang aku bilang ke kamu di bagian pendahuluan tadi, bagian ini harusnya menjadi persentase yang paling besar dari 100%. kamu ga akan pernah berhenti bahkan kamu ketemu sama masalah yang sangat susah sekalipun di perjalanan belajar kamu nanti. ga ada masalah di kamu tapi hanya akan ada solusi di kamu, iya kan?

2. Buku

teman-temanku sering bilang kalo buku-buku ini adalah kitap-kitap ku, haha..buku-buku ini harus ada di kamu , yaitu:
  • Kamus besar bahasa inggris: Indonesia - English
  • Catatan kecil : supaya kamu bisa bawa kemana-mana, kemanapun kamu pergi, dengan siapa dan kamu bisa buka catatan kecil ini saat kamu punya waktu yang lagi santai banget. 
  • Pensil atau pulpen  : terserah kamu mau pake yang mana
  • Buku conversation : Bahasa Indonesia – Inggris
  • Kamus oxford yang kecil : kamus ini cuman tersedia dalam bahasa inggris,ukurannya kecil banget dan kamu juga bisa simpan di saku atau tasmu.
3. Waktu

Aku pengen banget kamu harus pisahkan waktumu satu atau dua jam dari waktu 24 jam setiap hari, hanya untuk belajar bahasa Inggris.
4. Fokus

Ketika kamu mulai untuk belajar, inilah waktunya kamu berdoa terlebih dahulu dan fokus pada semua hal yang ada di atas mejamu.
Jadi mana caranya Dor??.. nah.:

1) Jangan pernah buka kamus bilingual atau kamus bahasa inggris-indonesia terlebih dahulu sebelum kamu baca buku conversation.

2) Baca satu bab per hari atau lebih dan saat kamu baca lalu menemukan kata-kata yang kamu ga tahu, langsung tulis di catatan kecil tadi dan baru deh kamu buka kamus bilingual untuk mencari tahu arti dari kata-kata tersebut. dan kemudian bukalah kamus Oxford untuk mengetahui apa sebenarnya artinya di dalam bahasa inggris dan penyebutannya yang sebenarnya. bagian ini penting banget karena satu kata itu sebenarnya bisa punya arti yang berbeda-beda dari setiap negara di dunia. jadi kalo kamu buka kamus Oxford, kita jadi tau deh arti sebenarnya dalam versi Inggris dan Amerika. 

3) Setelah kamu tulis kata yang kamu ga tau dan artinya di catatan kecil, ambillah waktu sebentar utuk menghapal kata-kata yang di catatan kecil. Kamu harus hafal kata tersebut, artinya dalam bahasa Indonesia dan pengucapannya.

Untuk lebih mudahnya, aku kasi kamu satu contoh yang bisa kamu tiru di catatan kecil mu, yaitu : book.
  • Book adalah buku, pengucapannya adalah buukk. Jadi kamu tulis di catatan kecil seperti: 
  • Book = buku = buukkkk
4) Lakukan langkah 1-3 diatas setiap hari. aku yakin banget kamu akan menjadi lebih pintar sepanjang kamu komit di perjalanan ini. aku pastikan kamu ga akan bosan karena akan ada perasaan yang senang dan puas banget ketika kamu sadar kamu uda melangkah banyak dibalik kebodohan kita dulu, hahaha.

5) Setelah kamu uda menyelesaikan 1 buku conversation, sekarang kamu lanjutkan dengan pelajaran tenses. Kamu buka bagian berwarna di tengah kamus besar bilingual. Di bagian itu kamu akan menemukan beberapa pelajaran tentang tenses, baca bagian itu pelan-pelan sampe kamu ngerti dan pahami maksud per tenses apa. 

Langkah dari nomor satu sampe nomor lima akan melatih grammar, tenses dan penyebutanmu.

6) Selanjutnya adalah ketika kamu menonton film inggris, kamu harus menutup terjemahannya di screen TV dengan marker hitam, terserah markernya pake apa, bisa kain panjang yg berwarna hitam atau yang lainnya, yang penting terjemahannya ga bisa kamu liat. dengar suara film tersebut dan cobalah untuk mengerti sendiri. jangan kuatir kalo kamu merasa seperti "kayanya salah deh yang aku dengar, maksudnya apa ya...?". walaupun kamu takut salah, aku sarain tetap terusin sampe filmnya selesai, coba percaya dirimu sendiri, percaya apa yang kamu dengar. kalo masi ga gerti, jangan pernah buka marker nya untuk ngeliat benar atau salah karena kamu akan mempunyai kesempatan untuk mengulangi nya lagi untuk mencocokkan apa yang kamu tau dan apa yang kamu liat di screen. Langkah ke enam ini akan melatih pendengaranmu. atau beberapa teman saya melatih telinganya dengan mendengarkan musik atau MP3 dalam bahasa inggris.

7) Akhir dari post ini adalah melatih conversationmu, kamu bisa berbicara sendiri di depan kaca atau di atas tempat tidur, hahaha aneh ya??. jangan merasa seperti orang gila karena cara ini sangat membantu ku dalam melatih conversationku. aku menjadi sangat lebih baik dan punya keberanian bahkan percaya diri berbicara dengan orang asing di depan umum atau saling berhadapan. kamu juga bisa melatihnya dengan teman-temanmu.

Gimana? mudah kan??
aku sarankan supaya kamu terus belajar dan latihan, aku sangat berharap banget artikel ini bisa membantumu untuk menjadi excellent dalam bahasa inggris dengan baik, jangan malas pada diri sendiri. percayalah pada dirimu sendiri!!.. terima kasih, semoga berhasil yaaa!!..

4 comments:

  1. Makasih tipsnya. Bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Arif, bersyukur bisa membantu :D

      Delete
  2. Saya pernah mencoba tips begitu, tapi... gagal. Hanya semangat sampai seminggu doang. T.T Kayaknya, khusus untuk saya, butuh teman buat mengingatkan dan diajak conversation.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, Nah kaya yang saya bilang komitmen itu penting banget, aku jg dulu sama kaya gitu, tapi akhirnya aku merenung sendiri ternyata aku uda ngerasa cukup bisa, padahal dulunya ga bs sama sekali karna konsisten tiap hari aku jd makin pede ngomong sama bule-bule.

      kalo ada kendala silahkan di share, semoga bs membantu

      Delete