Saturday, February 28, 2015

Explore Tidung Island (Pulau Tidung)

Next destination yang akan kita tuju sekarang adalah Pulau Tidung atau Tidung Island. Ayo ngancung pulau tidung ada dimana? Mungkin pada banyak orang yang ga kenal dengan pulau tidung atau mungkin pulau pari?pulau pramuka? atau pulau pulau lainnya? Kaya aku dulu, jujur ya, aku tuh ga kenal pulau seribu, aku sebenarnya tidak berasal dar Jawa.Dari kecil sampai SMU aku besar di medan, 75 persen dari 100 persen masyarakat disana tidak pernah mendengar kalau Jakarta punya pulau seribu. Makanya dulu aku sempat bilang ke temanku, "apa? , emang Jakarta ada pulaunya?" hahaha. Sebelum internet berkembang, mungkin para siswa di Medan atau beberapa kota di Indonesia selain Jakarta mengetahui banyak informasi dari sekolah dan unfortunately di sekolah pun tidak pernah dimention kalo jakarta punya pulau seribu. wajar dong kalo aku bingung, kan ga pernah dengar.

Aku pun at least tau kalo jakarta punya pulau seribu setelah melihat temanku yang sering banget mempromosikan paket ke pulau pramuka. Ok, sekarang akan aku jelaskan. Sesuai namanya pulau seribu terdapat bermacam-macam pulau, sebenarnya ga sampe seribuan sih, ya paling cuman puluhan pulau, yang sering didengar banyak orang dan sering juga dijadikan destinasi wisata adalah pulau pramuka, pulau tidung, pulau bidadari, pulau pari dan masih banyak lagi yang terpisah jauh antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya. So kalo kamu mau travel ke pulau ini , kamu boleh banget tapi pilih pulau mana yang akan kamu sambangi. Is it clear?

Kita lanjut ke pulau tidung ya,well kami memilih Pulau Tidung karna ada alasan tertentu juga. Sebenarnya aku tuh ga terlalu banyak tau informasi tentang pulau mana yg asik atau seru, setelah tanya teman-teman yang kebetulan emang uda sering ke pulau seribu, so dia menyarankan untuk coba ke Pulau Tidung. Finally kita langsung tentuin tanggal keberangkatan dan di harinya kita berangkat pagi banget sekitar jam 6 pagi naik taxi dari Tebet Jakarta Selatan ke Muara Angke. Kok pagi banget? Jadi teman-teman, kalo mau berangkat ke pulau seribu maka harus berangkat pagi banget karena kapal yang berangkat perharinya hanya ada dipagi hari jam 8 pagi. Kalaupun kamu ga pengen pagi-pagi banget, pengen schedule yang fleksible, it's fine, tapi kamu harus sediakan budget yang lebih mahal lagi karena pakai speedboat dan lain-lain.

Akhirnya setelah sampai di Muara Angke, kami pun langsung disambut oleh beberapa bapak yang menanyakan kami mau kemana, jangan takut ya, karena mereka bukan calo seperti kebanyakan yang kita lihat di pelabuhan atau stasiun bus pada umumnya. Setelah kita kasitau kalo kita pengen ke Pulau Tidung maka mereka pun akan menunjukkan kapal mana yang akan dipakai untuk nyebrang ke Pulau Tidung dengan ongkos yang lumayan murah banget Rp 30.000 per orang nya dengan lama tempuh sekitar kurang lebih satu setengah jam. Hari itu emang pas banget dengan traveler kaya kita, cuaca pas banget, udaranya sejuk, plus angin juga lagi enaknya so pas jam 08.00 pagi kita uda langsung berangkat.
Wah, indah banget pemandangannya! Setelah setengah perjalanan sudah ditempuh kita bakalan takjub sama pemandangan yang indah banget, ga nyangka ternyata Jakarta punya pulau yang begini indahnya. Setelah menempuh perjalanan yang lumayan lama, lumayan capek dan bikin ngantuk, akhirnya kita sampai deh!
Sesampainya di sana, kamu bakal disambut Bapak-bapak dan ibu-ibu yang menawarkan homestay. Saranku kalo pengen harga yang murah, kamu bisa cari sendiri, kamu bisa survey tempat yang cocok dengan budget yang kamu punya. Jadi ga usah pake jasa Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu yang nawarin homestay ke kamu. Harga rata-rata kamar homestay disana Rp 150.000 - Rp 400.000 tapi akan berbagi kamar mandi dengan yang lain karna satu homestay bisa terdapat 3 atau 4 kamar. Well, setelah uda dapat homestay, kita kemudian lanjut dengan sewa sepeda. Jangan heran kalo kalian ga ketemu kendaraan baik sepeda motor atau mobil di Pulau Tidung karena masyarakat disana ga ada yang pakai kendaraan . Kemana pun mereka pergi, anywhere, anyplace semua dilakukan dengan menggunakan sepeda. Harga rata-rata sepeda disana disewa persatu hari yaitu Rp 15.000. murah kan? Homestay uda dapat, sepeda uda dapat, so kita mau istirahat sebentar sekalian menikmati pemandangan pandai dari homestay kita.
Setelah istirahat nya uda dirasa cukup dan hari juga uda sore, kita ga mau melewatkan pemandangan sunset dari pantai indah dan sepi ini. Tempat ini pas banget buat kamu yang pengen rehat dari aktivitas Jakarta, dan  rehat dari suara kendaraan yang super berisik di Jakarta. Disini kamu cuman bisa ngedengerin suara angin pantai.
Hal lain yang bisa kamu nikmati di Pulau Tidung ini adalah adanya Pulau Tidung kecil yang terletak bersebrangan dengan pulau tidung besar. Pulau tidung kecil dan besar dihubungkan oleh sebuah jembatan yang diberi dengan nama Jembatan cinta. untuk menuju pulau tidung kecil ini cukup ditempuh dengan jalan kaki sekitar 1 km panjangnya.
Di sepanjang jembatan  ini juga disediakan beberapa tempat untuk berteduh atau berhenti sejenak menikmati pemandangan indah pulau tidung dan pulau tidung kecil dari kejauhan.
Pulau Tidung Kecilnya sudah dekat dan sudah mulai kelihatan
Apalagi nih yang bisa dinikmatin di pulau tidung? hmm.. banyak banget!!. disana terdapat banyak paket yang ditawarkan untuk petualangan dan menikmati idahnya di dalam Laut Pantai Tidung. Kamu bisa sewa peralatan snorkeling, sewa kapal untuk jelajah pulau, sewa foto underwater, banana boat, donat boat, sofa boat, dan masih banyak lagi. Tentunya dari harga yang terjangkau Rp. 50.000 sampai yang paling mahal.
bermain snorkling
bermain banana boat
Setelah serasa cukup menghabiskan waktu tiga hari dua malam untuk Explore pulau tidung, Akhirnya waktunya pulang dan merencanakan Explore Indonesia selanjutnya. gimana? mau mencoba destinasi ini? silahkan saja, atur perjalanannya dan atur budget kamu. sampai ketemu di pos selanjutnya, mau tanya-tanya? silahkan comment di bawah atau contact me langsung.
please follow my blog, and don't visit this pos toohttp://dora-explore-indonesia.blogspot.com/2015/02/explore-yogyakarta-part-1.html

2 comments:

  1. Replies
    1. Cinta? Jembatan cinta maksudanya? karna cinta itu indah kali, haha, tanya sama yg buat jembatan mas

      Delete